Rabu, 13 April 2016

Ikan dan Umpan



Jika kita ingin menangkap ikan mana yang lebih mengeluarkan sedikit tenaga dan lebih mudah?

Menangkap ikan bisa dengan 2 cara:
1. Dengan saringan ikan
2. Dengan pancingan dan umpan

Kita bahas dengan cara pertama, yaitu dengan saringan ikan, akan sangat sulit menangkap ikan yang sehat dan lincah dengan saringan ikan, dibutuhkan kesabaran dan tenaga untuk mengejar ikan tersebut, lebih lagi jika di sebuah danau yang luas. Dalam arti bukan mustahil menangkap ikan dengan saringan ikan, akan tetapi bukan cara yang pintar untuk menangkap ikan.

Sekarang kita bahas dengan cara kedua, yaitu dengan pancingan dan umpan, dengan cara ini yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ikan akan datang dengan sendirinya. Kita tidak perlu mengejar ikan seperti cara pertama, cukup sediakan umpan maka ikan akan mendatangi kita. Untuk mendapatkan ikan yang besar maka dibutuhkan umpan yang besar pula.

Dalam hidup ini, kita terlalu fokus mengejar "Ikan" (Ikan = Sukses) dan itu sangat melelahkan sekali karena dibutuhkan tenaga yang besar untuk mengejar "ikan" tersebut. Padahal jika fokus kita diganti menjadi mencari "Umpan" (Umpan = Kegagalan) dan memancing, cepat atau lambat pasti "Ikan" akan datang dengan sendirinya tanpa perlu dikejar terus. Sudah menjadi hukum alam bahwa "Ikan" akan mendatangi "Umpan".

Kita belajar dari kegagalan bukan dari kesuksesan, seorang pengusaha yang sering gagal dalam hidupnya akan menjadi pesaing yang jauh lebih kuat daripada pengusaha yang jarang gagal atau tidak pernah gagal sama sekali. Kita bisa melihat bagaimana pengusaha muda yang mendapat warisan dari ayahnya tidak bisa mempertahankan bisnis keluarga karena kurang pengalaman. Atau seorang pengusaha kaya raya yang memulai bisnis dari nol menjadi bangkrut karena suatu hal tetapi dia dapat bangkit lagi dan menjadi kaya lagi.

Warren Buffet adalah orang terkaya kedua di amerika serikat, tetapi mengapa dia tidak mewariskan kekayaannya kepada anak-anaknya, sebaliknya, menyumbangkan 80% kekayaannya ke organisasi sosial untuk orang-orang yang kurang mampu. Hal tersebut dikarenakan warren sudah mengetahui bahwa kekayaan yang sesungguhnya bukan dari harta yang dia miliki, melainkan dari pembelajaran dari kegagalan yang membentuk karakter seorang warren buffet, ini adalah harta yang tidak ternilai dan tidak bisa dirampas oleh siapapun. Oleh karena itu, mulai dari hari ini sebaiknya kita mengganti fokus dari mengejar kesuksesan menjadi mengejar kegagalan. "Jangan mengejar sukses, tetapi jadilah orang besar maka sukses akan datang dengan sendirinya" kutipan dari film "3 Idiots".

Tidak ada komentar :

Posting Komentar