Sabtu, 25 April 2009

Nikmati Kekinian

Seorang pelajar Zen melintasi sebuah hutan belantara dan tanpa disadari ia diikuti seekor harimau yang siap menerkamnya. ia berlari sekencang mungkin. Setibanya di tepi jurang yang curam, ia meraih sebuah akar besar di sisi jurang. Ia kemudian berayun-ayun dengan harapan dapat selamat dari terkaman harimau buas tersebut. Ia tidak punya pilihan lain, kecuali bertahan di sana. Harimau tadi terus mengendus ke bawah.

Dengan rasa takut luar biasa, ia melihat ke bawah jurang dan ketakutannya semakin menjadi-jadi ketika melihat bahwa di bawah sana seekor harimau lain pun tengah menunggu dengan mulut ternganga siap menerkam.

Ia tetap berpegang kuat pada akar yang menahan tubuhnya. Malang nasibnya, dua ekor tikus mulai mengerat akar yang digelayutinya secara perlahan. Dalam kepanikannya, dilihatnya sebatang pohon stroberi di dekatnya. Karena rasa hausnya, secara Instingtif dia meraih pohon tersebut dan memetik buahnya. Dia menikmati buah stroberi yang begitu manis dan lupa akan bahaya di atas dan di bawah yang tengah menanti.

pesan : hari esok tidaklah nyata, hari kemarin telah berlalu, Karunia terbesar manusia yang pernah dimiliki sesungguhnya adalah sekarang, semuanya nyata di hadapan mata

kisah ini dikutip dari buku "Unleash Your Inner Power with Zen"

Tidak ada komentar :

Posting Komentar